ikatan pelajar muhammadiyah

Janji Pelajar Muhammadiyah

Di tingkat pelajar Muhammadiyah mempunyai sebuah organisasi otonom bernama Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) yang berdiri pada tanggal 18 Juli 1961 (ipm.or.id). Sebagai organisasi otonom (berhak mengurus dirinya sendiri sebagai organisasi), IPM bertujuan untuk membentuk pelajar muslim yang berilmu, berakhlak mulia dan terampil dalam rangka menegakkan dan menjunjung tinggi nilai-nilai ajaran Islam sehingga terwujud masyarakat yang sebenar-benarnya.

Untuk mewujudkan tujuan IPM tersebut, maka didalam IPM setiap anggotanya diikat dengan sebuah janji yang harus dilaksanakan yaitu Janji Pelajar Muhammadiyah. Janji ini wajib diketahui oleh setiap pelajar di sekolah-sekolah Muhammadiyah yang secara langsung, aktif atau tidak di organisasinya, adalah anggota IPM.

Berikut adalah teks dari Janji Pelajar Muhammadiyah :

“Asyhadu Alla ilaaha illallah wa asyhadu anna Muhammadar Rosululloh. Rodhitubillahi Robba wa bil Islami diena, wabimuhammadin nabiyya wa rasuula”

Kami pelajar Muhammadiyah berjanji :

1. Berjuang menegakkan ajaran Islam

Pelajar Muhammadiyah hendaknya selalu mengutamakan perintah agama islam dalam kehidupan sehari-hari, menguatkan pemahaman keislaman dan senantiasa memperbaiki akhlaqnya

2. Hormat dan patuh terhadap orang tua dan guru

Pelajar Muhammadiyah harus senantiasa menjaga sopan santun, menghormati dan patuh kepada orang tua serta guru. Dalam Islam suka membantah sampai durhaka terhadap orang tua merupakan dosa besar, maka sebaliknya para pelajar Muhammadiyah wajib taat kepada orang tua termasuk juga guru dengan menumbuhkan keyakinan dalam diri bahwa apa yang diperintahkan mereka akan berakibat baik.

3. Bersungguh-sungguh dalam menuntut ilmu

Pelajar Muhammadiyah harus bersungguh-sungguh dalam menuntut ilmu kepada siapapun, lewat jalan apapun tanpa rasa malu dan gengsi. Menuntut ilmu itu wajib bagi setiap muslim, laki-laki maupun perempuan karena semua aktifitas dalam hidup ini landasan pertamanya adalah ilmu. Beribadah dan bekerja harus punya ilmu. Oleh karena itu semua pelajar Muhammadiyah harus bersunggung-sungguh dalam menuntut ilmu.

4. Bekerja keras, mandiri dan berprestasi

Untuk dapat meraih masa depan yang gemilang dibutuhkan kerja keras, cerdas dan ikhlas karena tidak mungkin kesuksesan diraih hanya dengan berpangku tangan, bermalas-malasan. Pelajar Muhammadiyah harus mau bekerja keras agar bisa mandiri bahkan meraih prestasi

5. Rela berkorban dan menolong sesama

Pelajar Muhammadiyah harus berusaha menjadi pribadi yang bermanfaat bagi orang lain, rela berkorban dan menolong sesama yang membutuhkan karena pada hakekatnya semua kebaikan yang dilakukan itu akan kembali kepada diri masing-masing.

6. Siap menjadi kader Muhammadiyah dan bangsa

Pelajar Muhammadiyah sebenarnya adalah calon kader dan pimpinan baik bagi keluarga, lingkungan masyarakat, bangsa dan negara karena para pemimpin yang ada hari ini suatu saat akan berakhir kepemimpinannya. Begitu satu generasi berakhir masa kepemimpinannya, akan digantikan oleh generasi berikutnya, yaitu generasi yang lebih muda. Para pelajar pada saatnya nanti setelah selesai masa belajar akan menjadi pimpinan.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *