khittah muhammadiyah

Pengertian dan Fungsi Khittah Muhammadiyah

Pengertian

Secara bahasa khittah berasal dari bahasa Arab yaitu “Khiththatun” yang berarti langkah, atau garis. Khittah Muhammadiyah secara bahasa berarti garis-garis besar atau langkah-langkah Persyarikatan Muhammadiyah. Sedangkan secara istilah berarti pedoman, arahan, kebijakan atau langkah-langkah persyarikatan untuk mewujudkan keyakinan dan cita-cita hidup serta perjuangannya.

Berdasarkan pengertian di atas maka Khittah Muhammadiyah merupakan :

  1. Rumusan yang berisi arah, kebijakan dan langkah-langkah persyarikatan Muhammadiyah dalam bentuk garis besar,
  2. Pedoman untuk tercapainya tujuan Muhammadiyah

Khittah juga merupakan garis-garis haluan perjuangan Muhammadiyah dan mengandung konsepsi (pemikiran) perjuangan yang merupakan tuntunan, pedoman, dan arah perjuangan serta mempunyai arti penting karena menjadi landasan berpikir dan menjalankan amal usaha bagi semua pimpinan serta anggota muhammadiyah.

Substansi khitthah perjuangan Muhammadiyah dapat dikatakan sebagai teori perjuangan persyarikatan, yakni sebagai kerangka berfikir untuk memahami dan memecahkan persoalan yang dihadapi Muhammadiyah sesuai dengan gerakannya dalam konteks situasi dan kondisi yang dihadapi.

Fungsi Khittah Muhammadiyah

Sebelum bicara tentang fungsi Khittah Muhammadiyah berdasarkan penyusunan Khittah yang berkembang sejak era KH. Mas Mansur dengan “Langkah Dua Belas”nya hingga Khittah Denpasar tahun 2002 menggambarkan Muhammadiyah sebenarnya lebih antisipatif dalam menyikapi berbagai persoalan baik internal dan eksternal sehingga menggariskan Khitah Perjuangannya agar tetap istiqomah dalam mengemban fungsi dakwah dan tajdidnya sebagai gerakkan Islam yang berkiprah dalam lapangan kemasyarakatan dan tidak dalam lapangan politik praktis.

Menurut Zuriati (2012) fungsi khittah perjuangan Muhammadiyah adalah sebagai landasan berpikir bagi semua pimpinan dan anggota juga menjadi landasan setiap amal usaha Muhammadiyah. (https://zuriatigm.wordpress.com/2012/06/29/khittah-perjuangan-dalam-kehidupan-berbangsa-dan-bernegara-khittah-denpasar-tahun-2002/)

Selain itu Khittah Muhamamdiyah berfungsi sebagai landasan operasional yang berisi garis-garis besar pelaksanaan dari hal-hal yang tercantum di dalam landasan idiil yaitu Muqoddimah Anggaran Dasar Muhammadiyah (MADM), Matan Keyakinan dan Cita-Cita Hidup Muhammadiyah (MKCHM) dan Kepribadian Muhammadiyah. Dengan demikian Khittah Muhammadiyah merupakan penjelasan dari ketiga landasan idiil Muhammadiyah tersebut.

Khittah Perjuangan Sebagai Pola Dasar dan Teori Strategi sebagaimana diketahui bahwa dalam dunia dakwah Islam istilah strategi dikaitkan dengan siasat dakwah berdasar beberapa prinsip dan pola pelaksanaannya.

Di lingkungan Muhammadiyah istilah “strategi perjuangan” sering dikaitkan dengan “Khittah Perjuangan” Muhammadiyah yang menyangkut pola dasar dan strategi program persyarikatan. Bahkan dalam kaitan program, istilah strategi dikaitkan sebagai garis kebijaksanaan yang menyangkut kristalisasi, konsolidasi, dan kaderisasi.

Istilah “strategi perjuangan Muhammadiyah” menunjuk pada pengertian yang bersifat umum dan operasional, yaitu rangkaian garis kebijakan dan langkah-langkah gerakan berdasarkan perhitungan untuk melaksanakan misi dan mewujudkan tujuan persyarikatan.

*Diolah dari berbagai sumber dengan sumber utama adalah :

  1. Buku Pendidikan Kemuhammadiyahan SMA/K/MA Muhammadiyah, Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Penulis Siti Khoiriyah, S.Pd.I dan Ardhi Kurniawan
  2. Tulisan Saudara AKHSRULLAH mahasiswa pasca sarjana Program Ilmu Administrasi Publik Universitas Muhammadiyah Makassar tahun 2015, dimuat di : https://www.academia.edu/10187155/Khittah_Perjuangan_Muhammadiyah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *