Landasan Ideologi dan Teologi Muhammadiyah


lambang muhammadiyah

Pengertian Ideologi dan Teologi

Arti Ideologi

Ideologi secara bahasa berasal dari bahasa Yunani dari kata ideos dan logos. Ideos berarti ide, gagasan, pemikiran dan pandangan hidup. Sedangkan logos berarti pengetahuan dan ilmu pengetahuan. Dari arti kata-kata penyusunnya ideologi dapat diartikan sebagai ilmu tentang pandangan hiudp dan gagasan.

Sedangkan ideologi Muhammadiyah adalah pandangan hidup Muhammadiyah di dalam mengkontruksi realitas dan memberikan motivasi etis serta teologis dalam rangka reformasi sosial.

Arti Teologi

Secara bahasa teologi berasal dari bahasa Yunani, theos dan logos. Theos berarti tuhan dan logos berarti ilmu pengetahuan. Dengan demikian teologi dapat diartikan sebagai ilmu yang mengkaji tentang ketuhanan, namun disini yang dimaksud dengan teologi tidak hanya tentang ketuhanan, namun menyangkut semua persoalan yang berkaitan dengan agama.

Landasan Ideologi dan Teologi Muhammadiyah

Landasan Ideologis dan Teologis Muhammadiyah adalah segala acuan dan norma yang terinspirasikan dari nilai-nilai Al Qur’an dan Sunnah dalam menggerakkan dan juga memberikan corak serta warna bagi langkah-langkah yang dijalankan oleh pengurus maupun anggota Muhammadiyah. Landasan teologi dan ideologi Muhammadiyah ini berupa :’

1. Mukadimah Anggaran Dasar Muhammadiyah (MADM)

Mukadimah Anggaran Dasar muhammadiyah pada hakekatnya merupakan ideologi Muhammadiyah yang memberikan gambaran tentang pandangan Muhammadiyah mengenai kehidupan manusia di muka bumi ini. Cita-cita yang ingin diwujudkan dan cara-cara yang dipergunakan untuk mewujudkan cita-cita tersebut. Sebagai sebuah ideologi, Mukadimah Anggaran Dasar Muhammadiyah menjiwai segala gerak dan usaha Muhammadiyah dan proses penyusunan sistim kerjasama yang dilakukan untuk mewujudkan tujuannya. Sedehananya. Bagi persyarikatan Muhammadiyah, Mukadimah anggaran Dasar Muhammadiyah berfungsi sebagai jiwa dan semangat pengabdian serta perjuangan. (subair3.wordpress.com)

2. Matan Keyakinan dan Cita-Cita Hidup Muhammadiyah (MKCH)

Matan Keyakinan dan Cita-Cita Hidup Muhammadiyah adalah sebuah teks dan putusan resmi persyarikatan yang disahkan oleh sidang Tanwir. Berisi tentang matan atau teks keyakinan dan cita-cita persyarikatan.

Matan Keyakinan dan Cita-Cita Hidup Muhammadiyah pada dasarnya merupakan rumusan ideologi Muhammadiyah yang menggambarkan tentang hakekat Muhammadiyah, faham agama menurut Muhammadiyah dan misi Muhammadiyah dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Matan Keyakinan dan Cita-cita hidup Muhammadiyah adalah sistem paham (ideologi) Muhammadiyah dalam memperjuangkan gerakan untuk mencapai tujuan atau dengan kata lain substansi ideologis yang mengandung paham agama yang fundamental. (dewyrohmawati.blogspot.com}

3. Kepribadian Muhammadiyah

Kepribadian Muhammadiyah adalah sebuah rumusan yang menguraikan tentang jati diri, apa dan siapa Muhammadiyah. Kemudian dituangkan dalam bentuk teks yang dikenal sebagai Matan Kepribadian Muhammadiyah. (http://kepribadian-muhammadiyah.blogspot.com/)

4, Khittah Perjuangan Muhammadiyah

Secara etimologis, kata khittah berasal dari derivasi bahasa Arabyang berarti rencana, jalan, langkah atau garis (Kamus Al-Munawwir,1997). Sedangkan secara terminologis yaitu suatu pikiran untukmelaksanakan perjuangan ideologi atau keyakinan hidup. (PPMuhammadiyah, 1968). www.academia.edu

Rujukan :

  1. Sejarah Islam dan Kemuhammadiyahan, seri studi Islam. Penerbit P3SI Universitas Muhammadiyah Magelang, penyusun dan editor : Agus Miswanto, MA. M.Zuhron Arofi, M.Pd.I, 2012.
  2. https://subair3.wordpress.com/2017/12/19/mukadimah-anggaran-dasar-muhammadiyah/
  3. http://dewyrohmawati.blogspot.com/2017/04/matan-keyakinan-dan-cita-cita.html
  4. http://kepribadian-muhammadiyah.blogspot.com/
  5. http://kepribadian-muhammadiyah.blogspot.com/

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *